Monday, April 22, 2013

Kiat Sukses Menjual Pengetahuan Secara Online


Dalam ulasan pekan lalu, kita jadi paham ternyata salah satu jenis produk yang paling simpel dan powerful untuk dijual secara online adalah “produk pengetahuan” (knowledge-based product).
Disitu, terbuka peluang untuk mendapatkan passive income yang terus mengalir. Tanpa kenal lelah, “produk pengetahuan” itu akan terus bekerja secara autopilot : dengan setia mengalirkan jutaan rupiah ke rekening Anda setiap bulannya (dan Anda hanya bisa tertegun-tegun menikmatinya. Ohh).
Namun sayang, tak pernah ada jalan tikus menuju Roma. Keindahan passive income itu tak akan pernah mendadak muncul dari langit. Perjuangan keras, doa, dan mungkin air mata kudu diperas untuk mewujudkannya.
Dan kini, ijinkan saya untuk berbagi kiat sukses menjual pengetahuan secara online : agar impian menuju Roma itu tak hanya berhenti pada fatamorgana.
Sejatinya, hanya ada dua tahapan krusial yang harus dicermati agar bisa sukses menjual pengehuan melalui media internet. Mari kita ulik satu per satu dengan seksama.
Kiat # 1 : Ciptakan Knowledge-based Product yang Cetar Membahana. Sebab memang dari sinilah perjuangan habis-habisan Anda dimulai : setiap jejak pengetahuan, pengalaman dan expertise Anda kudu diperas habis-habisan demi menghadirkan produk pengetahuan yang layak jual.
Dan berdasar pengalaman, produk pengetahuan yang laku dijual secara online adalah “pengetahuan yang aplikatif; pengetahuan praktikal yang bisa langsung di-aplikasikan oleh user; dan mampu memberikan manfaat nyata dalam kehidupan mereka”.
Contoh sederhana : bayangkan kita akan mendesain produk pengetahuan dengan judul “Sembilan Cara Ampuh untuk Menembus Tes WAWANCARA KERJA” (sekedar infor, keyword “wawancara kerja” setiap bulan di-googling sebanyak 35 ribu – potensi pasar yang lumayan besar).
Segera panduan itu harus kita isi dengan 9 langkah kunci untuk melalui tes wawancara kerja (mulai dari cara berbicara, body language, hingga sapaan yang harus dihadirkan).
Ada yang lebih penting : sajikan juga 10 jenis pertanyaan wawancara yang paling sering diajukan; DAN panduan untuk memberikan jawaban yang efektif bagi pertanyaan itu.
Akan lebih keren jika juga diberikan bonus dua video simulasi wawancara secara nyata. Yang satu menunjukkan cara menghadapi tes wawancara dengan salah (dan tunjukkan dimana salahnya. Riset membuktikan orang lebih cepat belajar dari melihat kesalahan). Dan video yang lainnya contoh proses wawancara yang sempurna (juga tunjukkan dimana poin keunggulannya).
Supaya lebih afdol, tambah dua bonus lagi : panduan ampuh untuk melakukan negosiasi gaji. Dan juga panduan untuk mendesain CV yang dahsyat; lengkap dengan contoh-contohnya.
Bungkus semua itu; dan jual secara online dengan harga Rp 99 ribu per paket.
Anda tertarik membuatnya? Jujur saja; saya sendiri tiba-tiba juga tertarik untuk membuatnya. Sebab feeling saya, ini produk pasti laris manis (ingat : jutaan sarjana baru antri melamar pekerjaan setiap tahunnya).
Btw, pesannya adalah : apapun topik pengetahuan yang hendak Anda jual, maka kemaslah semuanya secara aplikatif, praktikal dan mampu memberikan solusi nyata bagi pembelinya.
Kiat #2 : Ciptakan Website dengan Trafik yang Lumayan Tinggi. Berdasar pengalaman, Anda hanya bisa mulai menjual “sesuatu” secara online, jika web Anda dikunjungi minimal oleh 1000-an visitors per hari.
Dan alamak : mendatangkan trafik visitor setinggi itu ternyata tak semudah bikin indomie rebus. Kabar baiknya : kini banyak tersedia layanan Jasa SEO yang bisa mendrive jumlah pengunjung web.
Jasa SEO membantu Anda agar ketika orang mengetik kata tertentu di Google, web Anda bisa nangkring di urutan pertama hasil pencarian.
Melanjutkan contoh diatas : Anda bisa order jasa SEO agar ketika orang mengetik kata “tes wawancara kerja” atau “wawancara kerja”, maka web Anda bisa muncul di nomer satu hasil pencarian Google. Berapa biayanya? Sekitar Rp 3 juta per kata kunci (dengan durasi selama 12 bulan ada di peringkat no 1 terus). Harga yang masuk akal jika melihat manfaat yang dihasilkan.
Itulah sekilah dua kiat krusial yang layak dijalani agar sukses menjual produk pengetahuan di internet. Mudah-mudahan ada manfaatnya; sebagai salah satu alternatif cara untuk mendapatkan passive income secara barokah.
Dan mudah-mudahan, suatu saat Anda juga bisa melancong jalan-jalan menuju Roma.

1 comment:

tiketlia said...

Mantap...blognya meskipun "banyak yang gak original", tapi masuk...terima kasih..paling tidak postingan Anda bisa menjadi bahan rujukan bagi ane...

thanks..

salam kenal...

www.tiketlia.blogspot.com